Risma Dukung Komunitas bicarasurabaya Gelar “Suroboyo Pedes”

SURABAYA- Komunitas #bicarasurabaya berencana menggelar acara menanam Cabai serentak dengan gerakan “#SuroboyoPedes”. Gerakan ini rencananya akan digelar pada Bulan Maret dalam memperingati Hari Bumi.

Ketua Panitia #SuroboyoPedes, Kusnan, menjelaskan acara ini untuk meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhannya pada Cabai yang akhir-akhir ini melonjak naik.

Nantinya, Komunitas #bicarasurabaya mengumpulkan bibit Cabai, dan selanjutnya mengggandeng masyarakat dan beberapa elemen masyarakat serta komunitas lain untuk melakukan penanamannya secara serentak.

“Jadi, nanti kita akan menanam serentak di beberapa titik di Kota Surabaya. Kami siapkan bibitnya untuk ditanam serentak bersama komunitas lain dan beberapa elemen masyarakat,” kata Kusnan, Selasa, (22/2/2017).

Dalam merealisasikan acara ini, pihaknya akan intens berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya untuk mendapatkan dukungan. Sebab, lahan-lahan yang akan ditanami nantinya akan memanfaatkan lahan aset milik Pemkot Surabaya, salah satunya di sepanjang stren Kalimas Surabaya.

“Tentu saja kami akan koordinasikan pelaksanaan kegiatan ini ke Pemkot Surabaya, khususnya dengan Ibu Wali Kota Risma, karena kami butuh restu terkait pemanfaatan beberapa titik lahan yang merupakan aset milik Pemkot Surabaya,” kata dia.

Jajaran panitia #SuroboyoPedes pun akhirnya menghadap langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Selasa, (22/2/2017). Pada kesempatan itu, Kusnan menjelaskan secara detail ide-ide kreatif itu, setelah mendapatkan paparan itu, Wali Kota Risma langsung menyetujui acara tersebut. “Iya wes. Bagus itu,” kata Risma kepada jajaran panitia yang menghadap itu.

Bahkan, Risma juga berinisiatif ingin mencarikan lahan-lahan yang bisa ditanami itu. Ia juga berusaha akan menyediakan bibit Cabai dengan menyuruh kepada Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Djoestamadji, untuk menanam bibit Cabai. “Cobalah nanti aku nyuruh Pak Djoestamadji untuk menanam lebih banyak,” kata dia.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga sangat mendukung apabila seluruh SKPD Pemkot Surabaya menanam Cabai di kantornya masing-masing. Ia juga memastikan bahwa selama ini sudah banyak bibit yang dibagikan kepada warga supaya menanam Cabai. (M. Syarrafah/BS)

Tinggalkan Komentar