Malam Ini, Bus Air Wisata yang Dilengkapi Tenaga Surya Tiba di Sungai Kalimas

SURABAYA- Sungai Kalimas yang saat ini sudah berhias berbagai macam lampion, akan semakin indah dengan adanya perahu wisata atau bus air wisata yang sebagian energinya memanfaatkan tenaga surya.

Bus air wisata yang direncanakan dinamakan  “Sawunggaling Surya Transport” ini akan tiba di dermaga Sungai Kalimas, Taman Prestasi, Minggu, (28/5/2017) ini.

“Nanti malam sekitar pukul 22.00 WIB, perahu wisata itu akan tiba di Sungai Kalimas, tepatnya di Taman Prestasi Jalan Ketabang kali,” kata Project Manager bus air wisata Reyhan saat dihubungi bicarasurabaya.com.

Pria yang juga menjabat sebagai General Manager Strategic Account Management Telkomsel itu menjelaskan bahwa bus wisata air itu merupakan bantuan dari telkomsel yang dibuat khusus oleh anak negeri, yaitu tim dari ITS. Bus air ini disumbangkan kepada Pemkot Surabaya.

Bus air berkapasitas 12 penumpang, 1 nakhoda dan 1 ABK itu rencana awalnya menggunakan tenaga surya sepenuhnya untuk sumber energi mesin penggerak, tapi karena membutuhkan panel surya yang banyak, maka tidak jadi menggunakan  tenaga surya seluruhnya. Untuk pendorongnya akhirnya diputuskan menggunakan mesin diesel.

"Tenaga surya tetap ada, tapi untuk penerangan dan power supply kebutuhan monitor tv yang ada 2 unit, penerangan dan kelistrikan serta dashbord panel edukasi. Canggih lah bus air ini," kata dia.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser membenarkan bus air wisata itu akan tiba di Taman Prestasi nanti malam. Namun, perahu sumbangan Telkomsel itu akan diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada acara puncak Hari Jadi Kota Surabaya ke-724, yaitu 31 Mei mendatang.

“Rencananya, Bu Wali langsung yang akan meluncurkan perahu itu pada tanggal 31 Mei sore hari,” kata Fikser.

Dengan hadirnya bus air wisata itu, ia memastikan Sungai Kalimas akan semakin indah dan semakin bisa dinikmati oleh para wisatawan. Fikser juga menambahkan, bagi warga Kota Surabaya yang ingin menikmati dan berkeliling di Sungai Kalimas, maka bisa melalui dermaga di Taman Prestasi setelah diluncurkan oleh Risma.

“Bus air wisata ini akan diuji coba pada Selasa, (30/5/2017),” pungkasnya. (M. Syarrafah)

Tinggalkan Komentar