Ruang Dunia Lain di Museum Santet, Tempat Berkumpulnya Genderuwo

SURABAYA- Salah satu magnet Museum Santet Surabaya yang selalu menjadi perhatian pengunjung adalah sebuah ruangan yang bertuliskan “Dunia Lain”. Tempat itu serasa tidak biasa, aroma mistis sangat menyengat di depan pintu itu.

Museum yang terletak di Jalan Indrapura No.17 Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan Surabaya itu memang menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah dan mistis.

Memang tidak terlalu nampak dari luar apa isi dari ruangan ini, namun hanya dengan membaca tulisan saja mungkin sebagian kita akan merinding mendengarnya.

Ruangan inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari museum ini, terutama bagi mereka yang suka berwisata dengan nuansa ghaib.

Salah satu staf penjaga dan guide Museum Santet Surabaya Muhammad Husnan mengatakan bahwa ruangan ini adalah ruangan rahasia di museum ini, sehingga selalu terkunci rapat. Tidak sembarang orang diizinkan untuk masuk ke dalam ruangan ini.

“Kalau mau masuk ke dalam ruangan ini, harus bersama salah satu sesepuh yang ada di museum ini,” kata Husnan kepada bicarasurabaya.com di Museum Santet, Rabu, (23/8/2017).

Ia juga memastikan bahwa ruangan ini menjadi tempat berkumpulnya genderuwo dan makhluk halus lainnya. Makanya, apabila semua orang diperbolehkan masuk, khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ruang ini juga merupakan tempat pemberian sesajen, karena di sini tempat berkumpulnya makhluk halus. Dulunya ruangan ini bekas kamar mandi,” ujarnya.

Baca juga: Berwisata Misteri ke Museum Santet, Ada Jailangkung hingga Tengkorak Manusia

Pemberian sesajen ini dilakukan agar hubungan antar dua dunia, baik dunia manusia dengan dunia makhluk halus bisa terjalin dengan baik. Sebab, setiap harinya banyak orang dengan sifat yang berbeda-beda yang mendatangi tempat ini.

“Takutnya makhluk-makhluk ini marah kalau terganggu. Itu alasan kami kenapa selalu ditutup ruangan itu,” pungkasnya. (Septian Akbar Gumilang/magang)

Tinggalkan Komentar