Warga Eks Lokalisasi Dupak Bangunsari Gelar Pawai Obor Meriahkan Malam Idul Adha

SURABAYA- Gema takbir Idul Adha 1438 H telah berkumandang, tanda esok hari umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha.

Seluruh umat muslim merayakan hari raya ini dengan suka cita. Banyak hal yang dilakukan untuk merayakannya, dimana setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk merayakannya.

Salah satu kegiatan unik dan menarik yang ada adalah Pawai obor dan takbir keliling yang dilakukan oleh warga eks lokalisasi Dupak Bangunsari. Pawai kali ini diikuti oleh TPA At-Taqwa, pengurus masjid dan musholla, sekolah-sekolah dan panti asuhan yang ada di Dupak Bangunsari.



Sekitar seribu peserta mengikuti pawai obor dam takbir keliling yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini. "Sekitar seribuan orang turut memeriahkan pawai obor tahun ini, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya," ungkap ketua panitia Pawai Obor Choirul Alimin ditemui di sela-sela pawai.

Para peserta itu mengumandangkan takbir keliling sambil membawa obor, rute yang dilewati pun nampak menarik. Mereka melewati jalan-jalan yang merupakan eks lokalisasi Dupak Bangunsari, lokalisasi yang telah ditutup oleh Pemkot Surabaya sejak tiga tahun silam.

Lebih detail dia menjelaskan rute yang dilewati para peserta pawai obor itu, yakni melwati Jl. Alun-alun Bangunsari Selatan- Jl. Rembang dan terakhir di Jl. Lasem.



“Pawai yang melewati eks lokalisasi ini untuk syiar bagi umat islam, bahwa besok Umat islam akan merayakan Idul Adha atau biasa orang menyebutnya Idul Qurban,” ujarnya.

Choirul juga menambahkan bahwa meski mereka adalah anak-anak yang pernah hidup di eks lokalisasi, mereka masih bisa membuktikan bahwa mereka tetap bertahan untuk selalu menjadi umat yang masih bisa bermanfaat.

"Harapannya, meski mereka adalah anak-anak bekas dari lokalilasi, mereka masih dapat berguna bagi umat yang lain," terangnya.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto
Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar