Ketika Empat Mahasiswi Jepang Ikut Membantu Bagikan Daging Kurban

SURABAYA- Empat mahasiswi Setsunan University Osaka, Jepang, ikut memeriahkan hari raya Idul Adha 1438 H di Kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya (01/09/2017).

Mahasiswi tersebut adalah Kanako, Konomi, Minami dan Nozomi. Ke empat mahasiswi berada di Unitomo dalam rangkaian agenda tahunan hasil kerjasama antara Unitomo dan Setsunan University. Kehadiran mereka di Unitomo bukan hanya untuk belajar bahasa Indonesia, namun juga mempelajari budaya Indonesia.

Pada kesempatan ini, mereka ikut serta dalam rangkaian perayaan Idul Adha khususnya membagikan daging qurban kepada masyarakat sekitar. Didampingi oleh Rahadian Dwi Nugroho, dosen Fakultas Sastra Jepang, ia memberikan pengarahan tentang tujuan memberikan daging qurban, menimbang hingga membungkus daging tersebut.

"Mereka awalnya jijik melihat daging mentah, bisa dimaklumi karena ini pertama kalinya untuk mereka melakukan seperti ini," ungkapnya.

Meski demikian, Konomi dan rekan-rekannya tetap bersemangat untuk mengikuti arahan Rahadian. "Lama-lama mereka akan terbiasa dan nggak jijik lagi," terangnya.

Usai membagikan daging qurban Konomi Saito mengaku terkesan dengan kebudayaan membagikan daging qurban kepada masyarakat. "Di Jepang tidak ada kayak gini, kalau menginginkan daging harus beli," ungkapnya.

Menurut rencana, mahasiswi ini akan belajar di Fakultas Sastra Unitomo selama 6 bulan, dan di akhir masa kuliahnya mereka akan membuat tugas akhir berupa paper berbahasa Indonesia mengenai kekayaan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto
Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar