Misteri Bangku Kosong, Mahasiswa Itu Arwahnya Gentayangan!

SURABAYA- 'Bangku kosong', sepenggal cerita misteri yang terdapat di sebuah kampus komunikasi tertua di Indonesia timur ini menyisakan kisah unik bagi salah satu petugas keamanan di kampus tersebut.

Berjaga malam menjadi rutinitasnya, menjaga dan mengawasi keadaan di sekeliling kampus. Banyak hal menyeramkan yang ia ceritakan, khusunya tentang 'bangku kosong'.

Sekitar akhir tahun 90an, petugas keamanan di kampus tersebut kerap menemui seorang mahasiswa yang menyendiri di sebuah ruangan di pojok lantai dua. Ia sering menegur mahasiswa tersebut, mengingatkan bahwa waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 dimana seluruh isi kelas di kampus ini harus segera dikosongkan.

"Ngapain mas di sini? Udah malem, waktunya pulang. Ayo pulang," tegurnya kepada mahasiswa tersebut yang duduk di salah satu bangku itu.

Seringkali menegur mahasiwa tersebut, membuat petugas keamanan ini mengenalnya secara dekat. Seringnya mahasiswa ini menyendiri, membuat satpam ini selalu memperhatikannya.

Beberapa waktu yang lama, satpam ini tidak melihat mahasiswa tersebut muncul di kampus ataupun di ruangan seperti biasanya.

Merasa penasaran, petugas satpam itu akhirnya menanyakan keberadaan mahasiswa itu kepada rekan kuliahnya. "Mas, anak yang biasanya duduk menyendiri di kelas itu kemana? Kok lama dia nggak kelihatan kuliah?," tanya petugas keamanan kepada rekan mahasiswa.

Tak disangka, ia mendapat kabar buruk perihal kabar dari mahasiswa itu. Ternyata mahasiswa itu meninggal dunia dikarenakan sakit, inilah yang menjadi alasan mengapa ia sering menyendiri di kelas hingga larut malam.

"Saya kaget, ternyata dia meninggal. Saya ikut berbela sungkawa, mohon disampaikan kepada keluarganya karena saya mengenal dia," ujarnya saat menceritakan kisah itu.

Selang tiga hari kematian almarhum, sang satpam mengalami kejadian menyeramkan. Suatu malam, seluruh pintu yang ada di kampus ini berbunyi keras. Ia mengatakan bahwa arwah almarhum bergentayangan di kampus.

Pada malam itu, setelah ia mendengarkan bunyi dan goyangan keras dari pintu, ia melihat bayangan yang tak wajar di depannya. Ternyata bayangan itu adalah almarhum mahasiswa yang sering menyendiri di ruangan tersebut.

"Pintu itu goyang sendiri, bunyi glodok-glodok. Bayangan yang saya temui itu ternyata mahasiswa yang selalu menyendiri itu, dia meminta maaf dan ingin saya meminta maaf kepada teman-temannya," terangnya.

Sang satpam pun mendoakan almarhum agar tenang di sana dan tidak ada apa-apa. Setelah kejadian ini, ia jarang menampakkan wujudnya. Ia mengaku hanya sekali setelah berpamitan itu dia menampakkan wajahnya yang tersenyum menatapnya.

'Bangku kosong' dimana tempat arwah mahasiswa ini saat masih hidup sering berdiam diri. Menyendiri dan terdiam di sebuah bangku yang terdapat di pojok ruangan kampus.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto
Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar