Kampung Cuci Motor di Dolly, Antara Rezeki dan Tuhan

SURABAYA- Usaha penyedia jasa memang tidak selamanya ramai. Begitu pula yang dirasakan oleh warga Kampung Cuci Motor yang ada di Jalan Kupang Gunung V Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya.

Di sepanjang jalan  ini, setiap rumah terdapat tempat cuci sepeda motor berjejeran. Kurang lebih ada 15 tempat cuci sepeda motor di kawasan tersebut. Makanya, kadang pencucian motor di daerah tersebut ramai, dan tak jarang juga sepi.

Yusuf, salah satu pekerja di cuci motor itu mengaku rata-rata paling ramai tempat kerjanya ada sekitar 30 sepeda motor yang dicuci setiap harinya. Namun, kalau sudah kadung sepi, hanya tiga sepeda motor.

Baca juga: Ternyata Ada Kampung Cuci Motor di Eks Lokalisasi Dolly

"Paling ramai ya sehari dapat 30 motor, tapi kalau sepi juga kadang hanya ada 3 motor saja," kata Yusuf kepada bicarasurabaya.com di lokasi, Kamis (7/9/2017).

Sementara itu, Pakde, salah satu pekerja di tempat cucian motor lainnya mengaku mendapatkan cucian motor 15 motor dalam sehari. Bahkan, pernah sehari tidak ada satu pun pelanggan yang mencucikan sepeda motor di tempatnya.

"Paling ramai cuma 15 motor sehari, pernah seharian gak dapat pelanggan. Namanya usaha, pasti ada pasang surutnya, ya disyukuri saja," ujarnya.

Banyaknya tempat cuci motor yang sama di daerah itu, tidak menjadikan mereka merasa tersaingi oleh tempat sekitar. Bagi mereka, rejeki sudah ada yang mengatur bahkan setiap tempat di sana sudah memiliki pelanggan tersendiri.

"Namanya rejeki udah ada yang ngatur, nggak merasa tersaingi sama tempat yang lain. Setiap tempat punya pelanggan tersendiri, jadi ya gak perlu khawatir," pungkasnya.

Reporter: Reiffia S Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar