Kemenristekdikti Tinjau Pengolahan Limbah Kerang di Bulak

SURABAYA- Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti, I Wayan Joniarta, meninjau lokasi pengolahan limbah kulit kerang di Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak  Surabaya. Kunjungannya kali ini untuk melihat bagaimana kinerja mesin yang digunakan untuk mengolah limbah kerang itu.

Selain meninjau mesin pengolah limbah, ia juga melihat lokasi limbah kerang di pesisir dan mengunjungi nelayan-nelayan di wilayah tersebut. Ia berharap kepada nelayan yang terlibat supaya memanfaatkan mesin itu untuk mengolah limbah-limbah kerang yang selama ini menjadi masalah di pesisir itu.

Baca juga:Mesin Pengolah Limbah Tiba, Tumpukan Kulit Kerang di Bulak Teratasi

"Saya berharap nelayan-nelayan dapat memanfaatkan ilmu dan alat yang ada ini dengan baik, agar hasil yang didapat bisa memuaskan. Saya juga berharap agar produksi terus berjalan," ungkap Joni di lokasi.


Kunjungan Joni memberikan kesan tersendiri bagi para nelayan, pasalnya orang dari DRPM Kemenristekdikti tersebut merasa puas dan ingin nelayan terlibat memproduksi limbah tersebut sebaik mungkin.

"Hasil pelatihannya bagus, semoga nelayan bisa memanfaatkannya dengan baik. Segera melakukan produksi dan perbaikan apabila ada kekurangan nantinya," terangnya.

Baca juga:Mesin Pengolah Limbah Kerang Sudah Diuji Coba, Ini Hasilnya

Sementara itu, Basuki Rahmad, Dosen PPNS yang membantu all out dalam mengusahakan hingga mendatangkan mesin pengolah limbah kerang itu mengataka mesin itu menjadi harapan baru bagi para nelayan.

Ia berharap supaya para nelayan itu bisa mendapatkan sumber pendapatan baru dari mesin pengolah kerang itu. "Saya berharap nelayan bisa memanfaatkan dengan baik alat tersebut, biar bisa produksi biar nambah penghasilan," ujarnya.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto
Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar