Pemkot Surabaya Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Garuda Angkatan Kedua

SURABAYA- Pemerintah Kota Surabaya kembali membuka beasiswa dari Garuda Indonesia melalui anak usahanya PT Garuda Maintenance Facilities (GMF) Aero Asia khusus untuk angkatan kedua. Seperti biasa, bagi yang lolos seleksi akan menempuh pendidikan Basic Aircraft Structure di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbang (ATKP) Surabaya.
    
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya Supomo mengatakan Pemkot kembali membuka pendaftaran beasiswa Garuda Indonesia untuk angkatan kedua. Beasiswa ini ditujukan kepada siswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. “Kuota angkatan kedua ini 24 orang,” kata Supomo kepada bicarasurabaya.com, Selasa (12/9/2017).

Menurut Supomo, setelah mereka menempuh pendidikan, akan langsung bekerja dan mengikuti ikatan dinas di Garuda Mintenance Facility Aero Asia. “Khusus untuk angkatan pertama sudah kerja di Garuda,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Umum Dan Kepegawaian Rosalia Retno Bintarti menjelaskan lebih detail persyaratan mengikuti beasiswa Garuda Indonesia itu. Persyaratannya yaitu diutamakan untuk warga Kota Surabaya dari keluarga tidak mampu, usia maksimal 21 tahun pada Bulan September 2017.

Selain itu, harus Lulusan SMA/MA jurusan IPA, atau Siswa SMK Jurusan Mesin, Teknik Listrik, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, teknik informatika/komputer dan penerbangan. Beasiswa ini juga dikhususkan untuk laki-laki yang memiliki tinggi badan 165 cm, berat badan proporsional (sesuai dengan indeks masa tubuh).

“Mereka juga disyaratkan belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan. Harus sehat jasmani, tidak buta warna dan tidak berkacamata,” kata Rosalia dihubungi bicarasurabaya.com.

Bagi yang tertarik dan memenuhi syarat, maka dia berharap untuk melengkapi administrasinya, yaitu melampirkan foto berwarna ukuran 3x4 berlatar belakang merah sebanyak 2 lembar, fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy akta kelahiran, fotocopy ijazah dan nilai ujian nasional.

Selain itu, diharapkan juga melampirkan surat keterangan miskin dari kelurahan, surat pernyataan belum pernah kawin yang diketahui ketua RT/RW dan surat keterangan sehat yang dikeluarkan dokter pemerintah yang menyebutkan tidak buta warna dan tidak berkacamata.

"Pendaftar bisa menyerahkan berkas administrasi di Kantor Dinas Sosial Jl. Arif Rahman Hakim No.131–133. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online. Kelengkapan administrasi bisa di-scan dan dikirimkan ke alamat email dinassosialsurabaya@gmail.com. Setelah itu, hardcopy diharapkan dibawa saat test seleksi," ujarnya.
    
Nantinya, lanjut dia, seleksi administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi akan dilakukan oleh Dinas Sosial Surabaya. Sementara rangkaian seleksi tes akan dilakukan oleh pihak Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbang (ATKP) Surabaya.
    
"Pendaftaran diterima paling lambat Jumat (29/9/2017) pukul 12.00 WIB,” pungkasnya.

Reporter: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar