Top, Pemkot Surabaya Akan Borong Penghargaan Internasional, Apa Aja?

SURABAYA- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan pihaknya akan menerima empat penghargaan tingkat internasional dalam bidang pembangunan kota masa depan. Empat penghargaan itu akan diterima oleh Pemkot Surabaya secara bertahap hingga akhir tahun 2017.

“Pada tanggal 18 September 2017 nanti akan menerima penghargaan Learning City dari UNESCO untuk kategori kota di dunia. Saya juga akan presentasi di acara itu,” kata Wali Kota Risma di rumah dinasnya, Rabu, (13/9/2017).

Selanjutnya, pada akhir Bulan Oktober mendatang, Pemkot Surabaya juga akan menerima penghargaan Global Green City dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Awalnya, lanjut dia, Wali Kota Risma diminta menjadi pembicara oleh PBB dan Kota Surabaya menjadi salah satu finalis pemenangnya.

“Tapi, kemarin malam saya dikabari kalau Surabaya sudah menjadi pemenangnya,” ujarnya.

Pada bulan berikutnya, yakni Bulan November, Pemkot Surabaya juga akan menerima penghargaan di Turin Azerbaijan. Pada penghargaan itu, Kota Surabaya meraih juara II untuk kategori tata kota.

Selain beberapa penghargaan itu, Pemkot Surabaya juga sedang menyiapkan untuk masuk dalam finalis The Lee Kuan Yew Award 2017. Bahkan, pada tanggal 25-27 September mendatang, tim juri dari Singapura akan datang ke Surabaya untuk melakukan penilaian.

"Kalau The Lee Kuan Yew Award 2017 itu lengkap, ada masalah sosial, trasportasi, ekonomi dan sebagiannya. Kami sudah siapkan untuk penilaiannya itu," tegasnya.

Wali Kota Risma memastikan bahwa berbagai penghargaan itu bisa diraih Kota Surabaya karena beberapa indikator yang telah dibangun selama ini. Mulai dari tata kota, penyelesaian sosial ekonomi, pemukiman, penghijauan dan berbagai kategori lainnya.

Reporter: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar