Diganjar Doktor Honoris Causa, Menpora: Jauh di Luar Ekspektasi Saya

SURABAYA- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya resmi memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Penganugerahan gelar kehormatan itu pun dilaksanakan di Gedung Sport Center and Multipurpose, Jl. A. Yani No. 117 Surabaya, Kamis (14/9/2017).

Menpora Imam Nahrawi mengatakan sebagai seorang Menpora RI, dia merasa tertantang untuk terus berbuat demi negara tercinta. Mengabdi tiada henti dan terus berjuang untuk negeri. Dan itulah cita-cita serta harapan semuanya.

“Anugerah gelar akademik Dr. (HC) ini di luar ekspektasi. Sebab, darma bhakti yang harus dipersembahkan kepada negeri ini masih jauh dari apa yang seharusnya saya ingin dilakukan,” kata Imam dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan orasi ilmiahnya bertajuk, “Jihad Kebangsaan, Peran Pemuda dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan.” Ia banyak menyoroti tentang bagaimana seharusnya pemuda mengambil peran dalam mengawal kebhinnekaan.

“Sebab pemuda dinilai memiliki tanggung jawab besar, serta bahwa pemuda seharusnya hadir sebagai The Maker Of Solutions bagi agama, masyarakat, dan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Zahro, salah satu dosen kala Menpora masih menyandang status sebagai mahasiswa UIN (dahulu IAIN) Sunan Ampel Surabaya menjelaskan Imam Nahrawi memang merupakan salah satu mahasiswa yang menarik perhatian karena sikapnya yang aktif, patuh, tawadlu' dan cerdas.

“Sebagai guru, pembimbing dan pendamping, saya tentu bangga. Saya tahu bahwa di samping cakap di bidang ormas-orpol, dia juga cerdas secara akademik,” pungkas Prof. Zahro.

Reporter: Rieffia S. Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar