KPU Jatim Awali Pemilu 2019 dengan Sosialisasi Verifikasi Parpol

SURABAYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim melakukan sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum no 11 tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik, peserta pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat dan dewan perwakilan daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Eko Sasmito menjelaskan untuk mensukseskan proses verifikasi partai politik, pihaknya mengundang suluruh perwakilan partai politik yang secara administratif tercatat dalam Kementerian Hukum dan HAM.

"Kali ini, kita melakukan sosialisai terkait pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2019, ini kegiatan yang sudah dijadwalkan, semua parpol kita undang untuk mengikuti proses ini, yang tercatat di Kementerian Hukum dan HAM, karena ini tahapan awal untuk pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang," kata Eko kepada bicarasurabaya, Selasa (2/10/2017).

Menurut Eko, proses awal yang dilakukan oleh KPU Jatim ini untuk bisa memperlancar proses pendaftaran di provinsi dan kabupaten.

"Saat ini, menurut Kementerian Hukum dan HAM itu sekitar 73 parpol, tapi di Jawa Timur ada 20 parpol yang ikut, kita sudah melakukan undangan terbuka kepada partai -partai politik karena di beberapa tempat partai politik  ini tidak ada wakilnya di provinsi," ungkapnya.

Dalam proses pendaftaran partai politik yang dimulai tanggal 3-16 Oktober 2017, proses pendaftaran sendiri dilakukan KPU pusat dan nantinya partai politik di tingkat kabupaten dan kota akan menyerahkan data-data yang diperlukan.

"Dalam proses verifikasi nanti ada tiga hal, yakni satu terkait pengurusan, ada ketua, bendara, keterwakilan perempuan, kemudian kedua terkait kantor yang domisili kantor dimana, yang ketiga anggotanya nanti juga ," ujarnya.

Namun terkait partai yang sudah terverifikasi, masih diwajibkan untuk tetap melakukan proses pendaftaran.

"Bagi parpol yang sudah terverifikasi, tetap melakukan pendaftaran tapi nanti tidak perlu diverifikasi lagi, nanti kita akan mendapatkan data dari KPU RI setelah melakukan pendaftaran di pusat, kemudian baru kita melakukan verifikasi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Solidaritas Jatim, Shobikin mengatakan pihakya sudah menyiapkan strukturnya untuk menyambut proses pendaftaran dan verifikasi oleh KPU.

"Kita sudah siapkan semua di kota dan Kabupaten sekitar 75-80 persen di tingkat kecamatan kita sudah siap, yang kedua tentang anggota kita sudah siap semua 40 ribu lebih, artinya kita sudah melebihi yang ditetapkan oleh PKPU hari ini, kantorisasi mulai DPW, DPD, dan DPC kita sudah siapkan semua di kabupaten dan lebih 70 sudah kita siapkan," tandasnya.

Reporter: Deny Prastyo

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar