Patung Pilot Belanda itu Setia Menjaga Makamnya Sendiri

SURABAYA- Makam itu nampak berbeda dari makam-makam biasanya. Sebuah makam yang terletak di Pemakaman Kristen Kembang Kuning Surabaya itu seakan dijaga oleh sebuah patung yang berada di atasnya.

Misteri tentang sosok patung beserta makam itu tak ada satu pun yang tahu. Namun, yang pasti sosok itu merupakan seorang pilot dan menyimpan banyak sejarah tentang penerbangan.

"Saya nggak tahu bagaimana sejarah tentang makam tersebut, saya cuma tahu itu makam pilot. Bahkan namanya pun saya tidak tahu, nggak ada tulisan nama di makam itu," terang Slamet salah satu staf pengelola makam kembang kuning saat ditemui bicarasurabaya.com, Selasa (3/10/2017).

Patung yang dominan berwarna putih tersebut kabarnya merupakan patung seorang penerbang Belanda bernama Alfred Emile Rambaldo. Ia adalah seorang Perwira Angkatan Laut Belanda. Rambaldo merupakan pilot pertama yang berhasil menerbangkan balon udara di Batavia.

Namun, tak ada satupun pengelola makam ataupun orang sekitar yang mengetahui persis tentang riwayat makam tersebut. Siapa nama dan asal orang pun tak ada yang mengetahui, karena memang di makam tersebut tidak ada nama seperti makam yang lainnya.

Salah satu staf pengelola makam pun tak tahu persis bagaimana sejarah tentang patung dan makam yang berada di blok E.340 tersebut.

"Gak ada yang tahu, yang pasti itu makam pilot,” kata Slamet.

Orang sekitar yang sering berada di area makam pun tidak mengetahui persis tentang asal usul patung pilot tersebut. Mereka hanya mengetahui patung tersebut adalah seorang pilot pada jaman perang Belanda di masa lalu.

"Saya memang lama di sini, rumah saya di dekat sini tapi saya nggak tahu siapa namanya. Sejak tahun 1960an saya sama teman-teman waktu kecil sering main ke sini, katanya itu patung pilot," terang Mbak Yah petugas kebersihan.

 

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar