Misterius, Patung Pilot Belanda itu Posenya Berubah Sendiri

SURABAYA- Patung pilot Rambaldo di Pemakaman Kembang Kuning menuai banyak cerita yang membuat orang menjadi kebingungan. Simpang siur kabar tentang patung yang berganti pose (gaya) pun menjadi obrolan di kalangan masyarakat.

Cerita ini juga diungkap oleh Yudi, salah satu petugas kebersihan Makam Kembang Kuning yang telah bekerja sejak tahun 1970an. Ia menceritakan pose patung itu dulunya tangan kanannya menopang dagu dan kaki kanannya bersilang di atas kaki kirinya.

Bahkan, bajunya pun berwarna hijau, sehingga sangat jauh berbeda dengan posenya saat ini. "Dulu posenya kayak orang songgo uang (bertopang dagu), kaki kanannya menumpang bersilang di atas kaki kiri. Bajunya juga dulu hijau, helmnya berwarna merah," imbuhnya sambil menirukan gaya patung yang dulu.

Baca juga: Patung Pilot Belanda itu Setia Menjaga Makamnya Sendiri

Berubahnya pose patung masih menjadi misteri di kalangan masyarakat, orang-orang yang sering berada di area pemakaman pun tidak mengetahui persis kapan patung tersebut berubah pose seperti sekarang. Mereka pun tidak tahu siapa yang merubah pose dan warna dari patung pilot Belanda itu.



Bahkan, pihak pengelola makam pun tidak mengetahui persis kapan dan oleh siapa pose patung tersebut berubah. Sebagian besar pihak pengelola mengetahui pose patung itu sudah seperti sekarang ini.

"Saya nggak tahu persis kapan patung itu berubah gaya, karena saya juga belum terlalu lama kerja di sini. Sejak saya di sini sudah seperti itu, nggak tahu lagi gimana patung yang dulu," terang Slamet, salah satu petugas pengelola Makam Kembang Kuning Surabaya.

Baca juga: Patung Pilot Belanda di Makam Kembang Kuning, Nasibmu Kini

Meski begitu, Slamet juga menceritakan bahwa beberapa tahun lalu ada orang Belanda datang berkunjung ke makam dan menceritakan tentang pose patung yang dulu. Ia diceritakan bahwa dulu posenya tidak seperti itu, orang Belanda itu juga berjanji akan membawakan foto patung dengan pose yang masa lalu itu.

“Dulu ada orang Belanda yang menjanjikan membawa foto dengan pose seperti yang dulu. Tapi, sampai sekarang saya tunggu belum ada kiriman,” ujarnya.

Entah bagaimana awal cerita tentang berubahnya pose patung tersebut, tak ada pihak yang tahu menahu mengenai kejadian tersebut. Bahkan masyarakat sekitar meyakini bahwa berubahnya pose patung tersebut karena hal 'mistis'. Mereka menyebutkan bahwa patung pilot itu berpindah pose sendiri.

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar