Petunjuk Arah ke Mal ini Menyerupai Reklame, Melanggarkah?

SURABAYA- Ada pemandangan unik dan lucu jika melintas di Jalan Mayjen Sungkono, tepatnya di depan salah satu hotel berbintang di kawasan tersebut. Di daerah itu, ada sebuah rambu atau petunjuk arah yang menyerupai reklame. Tempat pemasangannya pun berada di atas pedestrian.

Rambu-rambu berwarna kuning itu bergambar anak panah yang bentuknya lurus lalu berbelok menuju ke salah satu pusat perbelanjaan di kawasan tersebut. Di bawah anak panah itu bertuliskan “Ke Ciputra World Belok Kiri”.

Penunjuk arah yang dipasang di pedestrian itu terlihat disemen untuk mendirikan cagaknya. Rambu-rambu tersebut petunjuk arahnya dari Jalan Mayjen Sungkono mengarah ke Jalan Bintang Diponggo kemudian mengarah ke pusat perbelanjaan.

Tak hanya itu, desainnya pun terlihat tidak sesuai dengan standart yang dikeluarkan oleh  Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Melanggar kah?

Kabid Lalu lintas Dishub Surabaya, Robben Rico saat dihubungi bicarasurabaya.com mengatakan saat ini pihaknya belum mengetahui pasti lokasi dan bentuk rambu yang mengarah ke pusat perbelanjaan tersebut.

"Kita cek dulu, apakah itu masuk dalam kategori rambu atau reklame, kalau masuk reklame itu bukan kewenangan kita, saya akan koordinasi dulu dengan Satpol PP karena perdanya sudah ada," ujaranya.

Menurut Robben, kalau pihak pengelola minta bantuan ke Dinas Pehubungan, maka pihaknya akan membuatkan dan memasangkannya.

"Kalau itu tidak masuk dalam kategori rambu akan kita cabut, tapi kalau masuk kategori rambu dan alasannya masuk akal, akan kita buatkan yang resmi dan tempatnya juga kita tentukan sesuai dengan standar Dishub," pungkasnya.

Reporter: Deny Prastyo

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar