Duh, Pedestrian yang Baru Ini Kotor dan Menghitam

SURABAYA- Pembangunan pedestrian di Kota Surabaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, seperti yang terlihat di salah satu pedestrian Jl. Semarang, pedestrian baru ini semakin mempercantik tata kota.

Pedestrian di jalan ini cukup besar, mampu dilewati oleh pejalan kaki yang lumayan banyak. Sayangnya, pedestrian yang baru itu nampak kotor dan tak terawat.

Pasir-pasir yang ada di pohon-pohon pedestrian itu meluber hingga keluar dari kotak pohon tersebut. Pemandangan tersebut bisa dilihat ketika melintas di sepanjang pedestrian tersebut.

Selain pemandangan pasir yang berceceran di sepanjang pedestrian baru di Jl. Semarang ini, nampak sampah juga berserakan.

Pantauan bicarasurabaya.com di sepanjang pedestrian ini tidak terdapat tempat sampah seperti pedestrian lainnya. Salah satu pejalan kaki pun menyayangkan keadaan pedestrian ini.

"Eman trotoar di sini, banyak pasir-pasir kayak gini. Beda sama pedestrian di tempat lain, bersih dan terawat," terang Elis saat melintas di pedestrian ini, Sabtu (7/10/2017).

Warga sekitar pun mengatakan Pemkot tidak setiap hari membersihkan pedestrian itu. Menurutnya, hanya beberapa kali setiap bulan ada perawatan terhadap pedestrian.

"Yang rutin tiap hari itu tangki yang menyiram tumbuhan di sekitar pedestrian. Mereka nyemprotnya agak ngawur, hingga tanahnya keluar sampai pedestrian," terang salah satu tukang becak di kawasan ini.

Ia mengungkapkan bahwa setiap hari ada pekerja yang menyiram tumbuhan menggunakan tangki, mungkin karena alasan terburu jadwal, makanya mereka tidak memperhatikan air yang mereka siram meluber keluar dari tempatnya.

Perawatan yang ada untuk pedestrian ini biasanya dilakukan beberapa kali setiap bulan, memberikan cairan untuk membuat pedestrian nampak bersih. "Tapi kalau ada perawatan, biasanya dikasih cairan. Kelihatan kinclong trotoarnya, sayang perawatannya tidak rutin," imbuhnya.

 

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar