Tak Lolos di KPU RI, Bagaimana Nasib 3 Parpol yang Daftar di Surabaya?

SURABAYA- Tahap pendaftaran serta kelengkapan dokumen bagi partai politik yang akan mengikuti pemilu 2019 resmi berakhir Selasa (17/10/2017).

Setelah diverifikasi lebih lanjut, KPU RI memutuskan hanya ada 14 dari 27 parpol yang bisa mengikuti pemilu 2019. Sedangkan 13 parpol lainnya dinyatakan kurang melengkapi dokumen dan dinyatakan tidak bisa ikut serta dalam pemilu 2019 mendatang.

Sementara di KPU Kota Surabaya, parpol yang telah mendaftar dan melengkapi dokumen ada 16 parpol. Tiga parpol yang melengkapi dokumen di Kota Surabaya ternyata di KPU RI parpol tersebut tidak melengkapi dokumennya. Tiga parpol itu adalah PKPI, PIKA, PBB. Lantas, bagaimanakah nasib tiga parpol itu?

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan pihaknya belum mendapatkan tindak lanjut dari KPU RI mengenai tiga nasib parpol tersebut.

“Belum ada tindak lanjut dari pusat, karena kabupaten/kota merupakan bagian dari pusat. Jadi semua keputusan ada di pusat, kami menunggu keputusan dan mengikuti keputusan dari pusat,” kata Nur Syamsi saat dihubungi bicarasurabaya.com, Jumat (20/10/2017).

Menurut Syamsi, kewenangan kabupaten/kota hanya memenuhi kewajiban parpol untuk memenuhi jumlah minimal keanggotaannya. Terkait pendaftaran peserta pemilu merupakan kewenangan pusat, kabupaten/kota hanya menerima sebagian berkas yang menjadi persyaratan.

Segala keputusan mengenai keikutsertaan parpol dalam pemilu 2019 mendatang akan diputuskan oleh KPU RI. Sedangkan KPU di kabupaten/kota akan mengikuti semua keputusannya.

“Mengenai pemberitahuan terhadap parpol yang akhirnya tidak dapat ikut serta nanti, menurut saya kira-kira akan ada edaran dari KPU RI kepada kabupaten/kota mengenai keputusan tersebut,” imbuhnya.

 

Reporter: Reiffia S. Dwiyoto

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar