PT Pertamina Terus Berkomitmen Jadi Perusahaan Ramah Lingkungan

Cepu - PT Pertamina EP berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan dan masyarakat di sekitar area operasi. Terutama terhadap lingkungan dan masyarakat yang berada di ring 1 perusahaan.

Cepu Field Manager Heru Irianto menyampaikan permohonan maafnya kepada warga atas ketidaknyamanan. Hal ini disampaikan untuk menanggapi keluhan warga di sekitar pusat pengumpulan produksi menggung.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan sesuai hasil kesepakatan saat diskusi bersama yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, kami telah melakukan identifikasi permasalahan dan perbaikan. Mohon dukungan atas upaya perbaikan yang sedang kami lakukan,” kata Heru dalam siaran persnya yang diterima bicarasurabaya.com, Senin (23/10/2017).

Perbaikan itu, lanjut dia, diutamakan pada perbaikan fasilitas operasi, supaya masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah operasi bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan pabriknya itu.

Menurut Heru, salah satu yang dilakukan di Cepu Field adalah dengan memasang alat yang diperuntukkan mengolah gas ikutan dan limbah di lokasi Pusat Pengumpul Produksi Menggung. Dan selanjutnya, ini akan menjadi produk baru yang lebih ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan untuk industri.

"Hari Rabu (17/10/2017) lalu sudah dilakukan pengambilan sampel gas dan limbah dari Pusat Pengumpul Produksi Menggung. Kemudian akan dilakukan tes di laboratorium yang tujuannya untuk mengetahui zat yang terkandung di dalamnya. Sehingga proses lebih lanjutan dilakukan sesuai karakter zat tersebut,” jelas Heru.

Metode ini, tambah Heru, telah diuji coba sebelumnya di PT Pertamina EP Asset 1 dan berhasil. Bahkan, air limbah berupa air asin dapat dimurnikan dan bisa dimanfaatkan dengan kandungan TDS di bawah 5%.

Sementara itu, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, melalui pembinaan ibu - ibu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, dengan pembuatan Batik Krajan yang kini telah dikenal luas dan mulai berjalan mandiri serta dapat memberikan tambahan penghasilan dari aktifitas membuat Batik tersebut.

Program pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan di setiap wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Cepu Field hingga wilayah Bojonegoro & Tuban, seperti program peternakan terpadu & bank sampah yang telah menunjukkan kemajuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga makin banyak program - program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti halnya yang telah berjalan,” pungkas Heru.

 

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar