Gus Ipul Minta Media Siber Bersatu Bangun Kepercayaan Publik

SURABAYA- Wakil Gurbenur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengatakan perkembangan media online dipengaruhi oleh revolusi digital yang pertumbuhannya seperti jamur di kala musim hujan.

"Luar biasa pesat, menurut catatan dewan pers ada 43 ribu media yang ada, namun dari jumlah tersebut baru 234 media yang memenuhi syarat regulasinya," kata Gus Ipul saat sambutan di Konferwil Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jatim 1 di Spazio, Rabu (25/10/2017).

Dengan demikian, Gus Ipul mengatakan masih banyak media online belum memenuhi standart organisasi perusahaan media dan standart organisasi media online.

Gus Ipul juga menceritakan pengalamannya yang kurang mengenakkan terhadap media yang abal-abal itu. Suatu ketika dia diberitakan kurang enak, sehingga dia ingin konfirmasi hak jawab terhadap pemberitaan suatu media online itu.

"Tapi sulitnya minta ampun, mana itu alamat kantornya, mau menggunakan hak Jawab agak susah jadinya," ungkapnya.

Oleh karena itu, Gus Ipul berharap media siber atau media online ini harus mengkonsolidasikan diri untuk mensinergi dan memperkuat diri dalam membangun kepercayaan publik secara bersama-sama.

"Ke depan akan makin berkembang dan makin menjadi bacaan harian masyarakat, jadi kalau lihat panetrasi internet yang terus meningkat bahkan sampai 80-90 % masyarakat Jawa Timur akan mengakses internet, itu artinya tentu dunia medsos dan media siber akan menjadi yang sangat penting dalam rangka memberikan informasi dan juga sekaligus mengklarifikasi infomasi-infomasi yang tidak benar," ungkapanya.

Reporter: Deny Prastyo

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar