Segera Cicipi Kuliner Ini Sebelum Punah

SURABAYA– Sebagian orang menilai bahwa Kota Surabaya merupakan “surganya” para pecinta kuliner. Bagimana tidak, hampir di setiap sudut kotanya selalu menyajikan berbagai macam kuliner khasnya.

Bahkan, di Surabaya memiliki beragam kuliner yang menjadi ciri khasnya. Kuliner yang telah ada sejak zaman dahulu maupun kuliner modern menjadi pilihan bagi mereka yang suka berwisata kuliner.

Salah satu kuliner khas Surabaya yang ada sejak zaman dahulu adalah Sate Karak. Sate ini dapat dijumpai di kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya, tepatnya berada di gang Ampel Lonceng N0. 60, Surabaya. Kuliner yang nyaris punah ini tepatnya berada di seberang Hotel Grand Kalimas, bukanya setiap hari dari jam 17.00-22.00 WIB.

Ellis Romlah merupakan penjual sate karak yang ada di kawasan ini, ia merupakan satu-satunya pedagang yang masih bertahan berjualan kuliner unik ini. Kuliner yang sempat menjadi idola pada tahun 1960-an ini kini semakin jarang peminatnya, bahkan tak banyak orang di zaman sekarang yang tahu mengenai keberadaan sate unik ini.

“Dulu tahun 1960-an sate ini terkenal, sampai sekarang juga masih terkenal. Walaupun sekarang banyak yang gak tahu apa itu sate karak,” terang Ellis saat ditemui bicarasurabaya.com, Jumat (27/10/2017).

Ellis merupakan generasi kedua yang meneruskan berjualan sate unik ini, ia mendapatkan ilmu mengolah sate ini dari neneknya. Ia bertekad ingin meneruskan sate karak ini agar keberadaannya tidak menjadi punah.

“Ini makanan udah turun-temurun, dari nenek saya. Saya yang meneruskan usaha nenek saya ini dulu,” kata Ellis.

Reporter: Dinar Anggi Kinantiar

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar