Askrindo, Danareksa dan PGN Peringati Sumpah Pemuda di Unair

SURABAYA- Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan BUMN Hadir di Kampus secara serentak di 28 Universitas Negeri di seluruh Indonesia. Kegiatan yang melibatkan 50 perusahaan BUMN itu sekaligus memperkenalkan peran dan fungsi BUMN kepada civitas akademika dan mahasiswa.

Menteri BUMN Rini M. Soemarnomengatakan BUMN Hadir di Kampus bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional dan peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki resource sumber daya profesional.

Mengusung tema "Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan", PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo bersama dengan PT Danareksa dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) turut memeriahkan kegiatan BUMN hadir di Kampus di Universitas Airlangga, Surabaya.

Di hadapan para mahasiswa Universitas Airlangga, para direktur utama menyampaikan makna membangun ekonomi yang berkeadilan sesuai dengan visi-misi perusahaan masing-masing.

Direktur Utama Askrindo Asmawi Syam menjelaskan, guna membangun ekonomi Indonesia yang berkeadilan, BUMN khususnya Askrindo  terus mendukung Program Pemerintah untuk membangun Indonesia sebagaimana di amanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 guna mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur.

"Komitmen nyata BUMN khususnya Askrindo diwujudkan dalam kontribusi secara langsung dalam pertumbuhan perekonomian nasional melalui Belanja Kapital (Capex) maupun Belanja Operasi (Opex) yang terus mengalami peningkatan secara signifikan," ujar Asmawi, di Convention Center Airlangga, Sabtu (28/10/2017).

Sementara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim punya cara sendiri untuk menerjemahkan upaya membangun ekonomi Indonesia yang berkeadilan. Menurut Jobi, guna mendukung ekonomi yang berkeadilan, PGN mendukung rencana pemerintah untuk terus membangun infrastruktur jaringan gas bumi secara masif di seluruh Indonesia.

“Meski terus membangun infrastruktur, proyek jaringan gas bumi PGN tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” kata Jobi.

Komitmen PGN dalam mendukung program Presiden Joko Widodo salah satunya diwujudkan dalam kesiapan perusahaan membangun jaringan distribusi gas kota untuk rumah tangga. Di Bandar Lampung misalnya, PGN ditugaskan untuk membangun dan mengoperasikan jargas sebanyak 10.321 sambungan rumahtangga yang tersebar di 21 kelurahan di Bandar Lampung.

Selain itu PGN juga mendukung program pemerintah dalam konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas dengan penyediaan konverter kit dan fasilitas pengisian ulang berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan Mobile Refueling Unit (MRU).

"Sebagai BUMN,PGN siap mendukung program pemerintah untuk terus menambah pembangunan jaringan gas bumi rumah tangga, sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat mendapat bahan bakar yang efisien dan berkelanjutan," tutur Jobi.

Lebih lanjut Asmawi menjelaskan, saat ini Askrindo dan BUMN terkait tengah menjalankan program Inklusi Keuangan, serta penyaluran dan penjaminan KUR untuk UMKM, serta melakukan pemenuhan minimal risk based capital untuk industri asuransi.

Selain itu, partisipasi Askrindo dalam kegiatan BUMN Hadir di Kampus adalah untuk menyampaikan peran BUMN sebagai agen pembangunan, inklusi serta literasi khususnya tentang asuransi serta memperkenalkan perusahaan dan produk-produk yg dimiliki Askrindo, kepada para mahasiswa.

"Kegiatan BUMN Hadir di Kampus ini juga kami jadikan sebagai ajang untuk memperkenalkan Askrindo secara keseluruhan serta menjelaskan peran Askrindo sebagai yang bergerak sebagai perusahaan yang memiliki produk terlengkap dengan peran sebagai colleteral institution subtitution bagi UMKM yang fisible namun tidak bankable," ujar Asmawi.

Reporter: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar