Melalui Jalan Sehat, Warga Diajak Sadar Pilkada Serentak 2018

SURABAYA- Ratusan orang dengan memakai seragam bertuliskan "Gerakan Pilkada serentak 2018" dengan aksen warna hitam dan orange mengerubungi kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman, Minggu (29/10/2017).

Mereka merupakan peserta jalan sehat yang digelar oleh KPU Surabaya untuk memberi penyadaran kepada masyarakat bahwa sebentar lagi akan ada Pilgub Jatim, sehingga mereka diharapkan untuk berpartisipasi.

"Acara ini disenggarakan memang bertujuan untuk mengingatkan warga bahwa kita punya gawe besar yaitu Pilgub Jatim 2018," kata salah satu komisioner KPU Surabaya, Nurul amaliah, dalam sambutannya.

Jalan sehat yang diselenggarakan serentak se Indonesia itu dimeriahkan dengan hiburan berupa orkes dangdut. Acara gratis itu dihadiri setidaknya 700 orang lebih yang terdiri dari warga sekitar dan warga dari 154 kelurahan serta 31 kecamatan yang ada di Surabaya.

Pada acara itu, KPU Surabaya menyediakan hadiah menarik yang totalnya Rp 5 juta. Hadiah itu terdiri dari lemari es, mesin cuci, kipas angin, kompor, setrika, dan berbagai hiburan lainnya.

Menurut Nurul, melalui acara ini diharapkan warga bisa peduli, sehingga bisa berpartisipasi dalam pilkada dengan mengecek daftar pemilihnya, mengawasi petugas di lapangan dan juga melaporkan apabila ada petugas yang melakukan tugas yang tidak seharusnya.

“Makanya, gerakan ini dinamakan gerakan sadar pilkada serentak 2018,” ujarnya.

Ida Kusuma, salah satu peserta yang mengikuti jalan sehat itu mengatakan sangat senang ada kegiatan ini, terlebih lagi banyak hadiah hiburan yang akan didapatkan.

"Saya maunya sih dapet mesin cuci supaya nggak ke laundry lagi," kata Ida sambil tersenyum malu.

Reporter : M Ilham Azhari

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar