Arief Budiman Meriahkan Gerakan Sadar Pilkada Serentak di KPU Jatim

SURABAYA- Warga Jawa Timur berbondong-bondong mengikuti jalan sehat yang digelar oleh KPU Jawa Timur dalam rangka gerakan sadar pilkada serentak 2018, Minggu (29/10/2017).

Acara itu dimeriahkan oleh marching band, live music dan juga berbagai doorprize memeriahkan jalan sehat. Sederet tokoh pun turut memeriahkan jalan sehat itu, diantaranya Ketua KPU RI Arif Budiman, Ketua Komisi I DPR RI Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi Komisi II Fandi Utomo, Anggota DPR RI Nawardi, dan Kabiro Pemerintahan Pemprof Jatim Anom Surahno.

Ketua KPU RI Arif Budiman memastikan bahwa kegiatan jalan sehat ini dilakukan serentak di 171 daerah di Indonesia.

"Dari 171 itu daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan gubernur maupun bupati dan wali kota, ini bagian dari cara KPU untuk melakukan sosialisasi, agar masyarakat tahu, bukan hanya tahu bagaimana harus tahu menggunakan hak pilihnya," kata Arif Budiman di sela-sela acara Jalan Sehat di KPU Jatim.

Arif menambahkan banyak cara untuk menaikkan partisipasi masyarakatkan dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu mendatang.

"Ini satunya saja, kita membentuk relawan demokrasi, kita mempunyai strategi sosialisasi sampai ke keluarga-keluarga, ketika KKPS menyampaikan formulir C6 pada saat itu kita juga melakukan sosialisasi, ketika kita melakukan pemutakhiran data juga mensosialisasikan," ungkapnya.

Sementara itu, KPU RI dalam pemilu mendatang menargetkan tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu sekitar 77,5 persen.

"Jatim harus mencapai target nasional, sebelumnya Jawa Timur 68 persen, sekarang harus 77,5 persen," pungkasnya.

Reporter: Deny Prastyo

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar