Kembali ke Era 60-an dengan Kaset Musik

SURABAYA - Kaset merupakan unsur penting dalam sejarah permusikan dunia maupun Indonesia. Pada era 60-an hingga awal 2000-an, kaset masih mendominasi pasar musik Indonesia kala itu.

Seiring perkembangan teknologi, kini musik dapat dinikmati secara digital, melalui gadget maupun aplikasi musik yang sudah menjamur dalam smartphone. Hadirnya teknologi tersebut juga mempengaruhi cara menikmati musik yang berbeda dari sebelumnya.

Hal inilah yang melatarbelakangi Abraham (26) bersama rekan - rekanya untuk tetap menjaga tradisi lama, yakni menikmati musik dengan memutarnya melalui kaset fisik. Mereka pun menggelar acara bertajuk Sub record fest 2 "Cassette store day 2017" di  Aiola eatery, Minggu (29/10/2017).

Sebanyak 16 lapak kaset yang menjual koleksi kaset maupun t-shirt dengan harga yang bervariasi antara Rp 35 - 500 ribu. Pada saat itu, para pengunjung bisa memilih sembari bernyanyi, dengan diiringi musik dari guest star yang tampil hari itu.

Dibuka mulai pukul 12 siang sampai 10 malam, acara itu diramaikan oleh 4 musisi dan band lokal diantaranya Gabriel Mayo, Dea Anggita, Endhe, dan Agent from Delhi yang menghibur pengunjung sembari berbelanja dan menyantap makanan.

Acara yang telah diselenggarakan dua kali tersebut mampu menyedot pecinta musik, hingga kolektor kaset kurang lebih 400 pengunjung.

"Semua genre ada di sini dari genre rock n roll, folks, metal, blues, pop, punk, jazz, banyak pokoknya. Biasanya kalau ada acara gini kaset seri langka juga dijual," tutur Abraham, penanggung jawab acara.

Ia berharap, dengan adanya acara ini penjual kaset baik kaset vinyl, dan kaset pita supaya bertahan karena animonya lagi turun dan berakibat sama berkurangnya ketertarikan.

"Gak ada masalah dengan musisi dan band yang saat ini sudah jarang mencetak karyanya dikaset, karena itu hanya faktor bentuk fisik dan cara menjualnya saja. Tapi lebih baik jika ada bentuk fisik, daripada hanya berupa file, " tegas pria berambut gondrong ini.

 

Reporter: M Ilham Azhari

Editor: M. Syarrafah

Tinggalkan Komentar