Buah Tin, Si "Buah Surga" Jangan Diragukan Manfaatnya

Warga masyarakat Surabaya mulai tertarik manfaat Buah Tin. Mereka rajin menanam buah yang memiliki banyak khasiatnya itu di halaman rumahnya. Pedagang bunga keliling pun tak pernah lupa selalu membawa bibit pohon Buah Tin.

Tin atau Ara (Ficus carica L.) tumbuhan penghasil buah-buahan yang bisa dimakan. Tanaman ini berasal dari Asia Barat, nama buah dan tanamannya sama, yakni Tin, dari bahasa Arab. Tin dikenal juga dengan nama "Ara" (Buah ara/Pohon ara). Sedang dalam bahasa Inggrisnya disebut fig (common fig; "pohon ara umum")

Tanaman ini tumbuh di wilayah Asia Barata mulai pantai Balkan sampai dengan Afghanistan. Pohon Tin bisa tumbuh besar dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batangnya lunak berwarna abu-abu. Bentuk daunnya lucu, berlekuk dan bercuping 3 atau 5. Bunga Tin nyaris tidak terlihat sebab berlindung di dasar bunga.

Buahnya bisa dimakan langsung, dikeringkan atau dibuat selai. Buah ini harus segera dimakan atau dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Buah Tin disebut-sebut memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Diantaranya, mengobati disfungsi seksual, sembelit, gangguan pencernaan, diabetes, batuk, bronkitis, asma, mencegah kanker, dan lain-lain.

Buah yang dikenal buah ara tersebut bermanfaat pula menambah berat badan dan mempercepat pemulihan. Buah asal negeri padang pasir (Arab) itu bergizi dan mengandung gula alami, mineral, vitamin, dan serat. Mineralnya terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium, dan lain-lain. Sedangkan untuk kandungan vitaminnya dilengkapi dengan vitamin A, B1, B2, B6, B9, C, E, K, dan lainnya. 

Sajian Buah Tin Hotel di Palestina

Beberapa tempat makan di Timur Tengah tak pernah lupa menghidangkan Buah Tin dalam berbagai kesempatan. Rumah makan di Mesir dan Palestina senantiasa menyajikan Buah Tin dalam aneka jenis masakan. Bahkan hotel-hotel selalu menghidangkan Buah Tin untuk para tamu, terutama pada saat makan pagi.

 

Manfaat Buah Tin

  1. Mencegah dan mengatasi sembelit. Menurunkan berat badan serta melancarkan BAB. Menurunkan serapan lepada pada saluran pencernaan. Menurunkan dan menjaga kadar kolesterol. Mencegah hipertensi hingga jantung koroner. Mencegah kanker colon pada usus besar.

 

  1. Mencegah kanker payudara, mengontrol diabetis. Menguatkan tulang dan meredakan nyeri ternggorokan. Mengobati anemia dan menjaga stamina seksual. Mencegah degenerasi Makula, meningkatkan kesehatan hati, mengatasi insomnia dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

 

Demikian sajian manfaat Buah Tin. Semoga bermanfaat! (dari berbagai sumber)

 

Tinggalkan Komentar