Awas, Hindari Konsumsi 6 Bagian Tubuh Ayam Ini

Menikmati sepotong ayam goreng yang masih hangat tentu terasa sangat lezat ya, Gengs! Yup, akui saja jika daging dari hewan unggas yang satu ini selain mudah diperoleh, ternyata juga memiliki rasa yang bisa memanjakan lidah. Selain memiliki rasa yang enak jika sudah diolah, daging ayam juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sebut saja kandungan protein, vitamin, dan mineral, semua ini bisa Kamu peroleh dari daging ayam. Bahkan, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi daging ayam dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, serta mengurangi risiko dari penyakit kanker.

Meski begitu, di balik sejumlah manfaatnya, konsumsi yang berlebihan dari bagian tubuh ayam tertentu ternyata bisa menimbulkan risiko juga bagi kesehatan. Pasalnya, beberapa bagian tubuh ayam yang dimaksud mengandung racun dan juga berbagai lemak yang tidak baik bagi tubuh. Nah, dilansir dari scmp.com,berikut beberapa bagian tubuh ayam yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan risiko bagi tubuh:

  1. Kepala ayam

Walaupun hanya memiliki sedikit daging, namun bagian tubuh dari ayam yang satu ini menawarkan sensasi tersendiri saat dikonsumsi. Enggak heran jika banyak orang yang menjadikan kepala ayam sebagai makanan favorit mereka. Namun, tahu enggak sih Gengs, kalau ternyata konsumsi kepala ayam yang berlebihan bisa berbahaya lho bagi kesehatan. Pasalnya, di dalam kepala ayam banyak ditemukan kandungan bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Hal ini bisa terjadi karena para peternak ayam sering memberikan obat atau vaksin penangkal bakteri. Zat berbahaya ini kemudian akan tersimpan di bagian kepala, terutama di bagian otak. Jika dikonsumsi, bahan yang tertinggal ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

  1. Leher ayam

Pada bagian leher ayam terdapat banyak pembuluh darah dan juga kelenjar getah bening. Organ ini memiliki banyak bakteri dan juga kuman penyakit sehingga bisa berisiko menyebar saat seseorang mengonsumsinya.

  1. Sayap ayam

Sayap ayam atauchicken wingsmerupakan salah satu pilihan makanan yang populer saat ini. Kamu bisa menemukan berbagai olahan dari sayap ayam dengan berbagai rasa yang menggugah selera. Namun, jika Kamu adalah salah satu penggemar sayap ayam, ada baiknya jika mulai sekarang Kamu mengurangi konsumsi bagian tubuh ayam yang satu ini. Dilansir dari telegraph.co.uk,ternyata bagian sayap ayam merupakan bagian yang paling banyak terkontaminasi obat-obatan. Obat-obatan yang terserap melalui sayap ayam ini bisa mematikan berbagai nutrisi daging sehingga menimbulkan risiko penyakit kanker.

  1. Hati dan ampela ayam

Hati dan ampela merupakan bagian tubuh ayam yang juga banyak dijual dan diminati banyak masyarakat Indonesia. Organ ini merupakan salah satu organ penting bagi tubuh yang bekerja menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, sisa racun yang ada dalam hati dan ampela bisa saja tertinggal dan menimbulkan risiko kolesterol, penyakit jantung, dan kanker bagi yang sering mengonsumsinya.

  1. Kulit ayam

Ayo ngaku, Geng Sehat pasti sering kan berantem hanya karena berebut kulit ayam, kan? Yup, tidak bisa dipungkiri jika kulit ayam memang memiliki rasa yang sangat gurih dibanding bagian tubuh ayam lainnya. Namun, di balik rasanya yang gurih tersebut, ternyata kulit ayam mengandung banyak antibiotik, hormon, dan toksin yang larut dalam lemak kulit. Kandungan lemak ini mudah menyatu ke dalam kulit sehingga meningkatkan lemak pada bagian tersebut. Kandungan lemak yang meningkat dalam kulit bisa mengakibatkan obesitas dan meningkatkan kolesterol yang buruk bagi kesehatan tubuh.

  1. Pantat ayam (brutu)

Tidak hanya bagian kepala atau sayapnya saja, bagian pantat dari ayam atau yang sering disebut dengan brutu pun menjadi bagian favorit banyak orang. Namun, kandungan di dalam brutu ternyata jauh lebih berbahaya karena mengandung banyak lemak. Selain itu, pada bagian ini juga terdapat banyak kelenjar getah bening yang merupakan tempat untuk sejumlah hormon. Kandungan-kandungan ini dapat memicu terjadinya penyakit kanker jika dikonsumsi secara berlebihan.

Daging ayam memang merupakan salah satu jenis daging yang mudah untuk diolah dan juga memiliki tekstur serta rasa yang enak. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, terutama keenam bagian yang telah disebutkan di atas, ya! (guesehat)

 

Tinggalkan Komentar