Kisah Apple Hadirkan iPhone dari Masa ke Masa

Peluncuran iPhone seri baru sudah di depan mata. Produsen gawai Amerika Serikat itu memberikan sedikit petunjuk gambaran presentasi yang bakal dibawakan di Steve Jobs Theater di markas Apple di Silicon Valley. Pada undangan itu tertulis "Gather Round" di bawah sebuah lingkaran emas yang besar.

Banyak orang sudah menerka dan memprediksi iPhone seperti apa yang akan dirilis Apple tahun ini, karena perusahaan tersebut selalu memberikan berbagai pembaruan pada setiap tipe iPhone besutannya. Dilansir dari T3, berikut adalah deretan model iPhone yang telah diproduksi Apple selama 12 tahun terakhir, beserta dengan fitur-fitur andalannya:

  1. iPhone (2007) Ponsel iPhone pertama yang membawa angin segar di pasar ponsel pintar. Pasalnya, Apple mengganti keypad dengan layar sentuh.

    Selain itu, iPhone memiliki berbagai kemampuan serupa komputer yang belum pernah ada pada telepon seluler sebelumnya. iPhone ini tidak memiliki aplikasi pihak ketiga, fitur GPS, dan tidak dapat merekam video.

    "Apple akan menciptakan ulang perangkat telepon seluler," kata Steve Jobs ketika itu.

    2. iPhone 3G (2008)
    Beberapa pembaruan yang dimiliki oleh iPhone 3G adalah ponsel ini telah mendukung layanan koneksi 3G yang merupakan akses data tercepat saat itu, dan telah memiliki fitur GPS. Apple juga meluncurkan App Store bersamaan dengan perangkat ini, dan orang mulai melihat potensi jangka panjang dari iPhone.

    3. iPhone 3Gs (2009)
    Ini merupakan perangkat iPhone pertama yang ditambahi alfabet "S" pada namanya yang menandakan pembaruan minor dari model sebelumnya.

    Ponsel ini sudah dibekali dengan kemampuan merekam video, dan Apple juga meningkatkan performa kamera pada iPhone 3Gs. Fitur kontrol suara (belum bernama Siri) juga ditambahkan pada perangkat ini.
  1. iPhone 4 (2010)
    Apple melakukan pembaruan yang cukup signifikan pada iPhone 4. Perangkat ini memiliki desain yang lebih modern dan menambah jumlah piksel dengan ukuran layar yang sama, yakni 3,5 inci (ini adalah display Retina pertama). Selain itu, iPhone 4 juga merupakan perangkat iPhone pertama yang memiliki kamera depan dan dapat melakukan multitasking.

    5. iPhone 4s (2011)
    Seperti sebelumnya, pembaruan seri "S" berarti hanya terdapat pembaruan minor pada perangkat ini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

    Kamera pada iPhone 4S ditingkatkan kemampuannya hingga sebanyak 8MP, dan salah satu kemajuan terbesar pada sisi peranti lunak (software) adalah kehadiran Siri, si asisten digital.

    6. iPhone 5 (2012)
    Perangkat ini membawa sejumlah pembaruan besar dari seri sebelumnya, antara lain penambahan barisan ikon dengan layar yang lebih panjang, port untuk charger yang lebih kecil (Lightning connector), dan iPhone 5 memiliki bodi berbalut aluminium yang ringan. Ponsel ini juga merupakan iPhone pertama yang dibekali dengan fitur Apple Maps.

    7. iPhone 5c dan iPhone 5s (2013)
    Pada 2013, Apple memutuskan untuk mulai merilis dua tipe iPhone setiap tahun pada bulan September. Perangkat iPhone 5c mirip dengan iPhone 5 dengan beragam pilihan warna, dan dibanderol dengan harga yang lebih murah.

    Pada saat yang sama, iOS 7 diluncurkan dan memungkinkan iPhone untuk melakukan multitasking, serta memperkenalkan Control Center untuk akses pengaturan yang lebih mudah.

    Sedangkan untuk iPhone 5s menjadi model iPhone flagship pada 2013 dengan desain yang diperbarui dan fitur Touch ID (pemindai sidik jari) yang pertama kali digunakan dalam lini produk iPhone. Ini juga merupakan iPhone pertama yang memiliki prosesor 64-bit A7.

 

  1. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (2014)
    Apple memperbesar layarnya menjadi 4,7 inci pada perangkat iPhone 6 dan menambah jumlah piksel pada layarnya. iPhone 6 merupakan iPhone pertama yang memiliki fitur NFC untuk Apple Pay dan berbagai layanan lainnya, dan mengalami peningkatan kualitas kamera yang signifikan.

    Dari sisi model pun, dimulai dari iPhone 6, Apple membuat model yang lebih 'kekinian'. Seri 6 menjadi seri pertama dengan opsi ukuran. Selain iPhone 6, Apple pun meluncurkan iPhone 6 Plus dengan ukuran yang lebih besar yakni 5,5 inci.

    9. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus (2015)
    Walaupun penampilan luarnya hampir identik dengan iPhone 6, Apple membekali iPhone 6s dengan sejumlah pembaruan peranti lunak, seperti fitur Live Photos.

    Apple memberikan slogan untuk ponsel ini, yakni "Satu-satunya hal yang berubah adalah semua hal." Apple pun menambahkan fitur 3D Touch yang tidak dimiliki oleh seri iPhone sebelumnya. Sama dengan seri iPhone 6, Apple pun mengeluarkan seri iPhone 6s Plus.

    10. iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE (2016)
    Jelang satu dekade kehadirannya, Apple kembali membuat perubahan. Pada Maret 2017, Apple mengenalkan iPhone SE.

    Ponsel ini berukuran sama seperti iPhone 5, tetapi memiliki fitur-fitur mirip seperti iPhone 6S. iPhone SE cocok untuk pengguna yang lebih nyaman dengan perangkat berukuran kecil, mengingat ukuran iPhone 6S yang cukup besar.
  2. Sedangkan pada event tahunannya, Apple membawa seri 7 ke pasaran. iPhone 7 merupakan salah satu ponsel pintar terbaik di sepanjang 2017, bersaing sengit dengan kompetitor Samsung Galaxy S7. Ponsel ini dibanderol dengan harga premium, tetapi masih berhasil terjual dalam jumlah besar.


Selain iPhone 7, iPhone 7 Plus merupakan versi besar dari iPhone 7. Namun, ponsel ini dibekali dengan sejumlah fitur tambahan seperti dua lensa untuk kamera belakang. Dari sisi baterai dan kemampuan, iPhone 7 Plus memiliki kemampuan yang lebih mumpuni.

11. iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X (2017)
Satu dekade kehadiran iPhone, Apple membuat gebrakan dengan menghadirkan varian baru yakni iPhone X. Perangkat flagship terbaru milik Apple ini mengusung layar lebih besar dari sebelumnya, yakni 5,8 inci. Ponsel ini juga menghilangkan tombol "Home" dan memiliki desain all-screen yang elegan.

Bagian poni atau notch yang Apple hadirkan ini menjadi 'trendsetter' para pembuat ponsel. Model serupa mulai ditemukan di ponsel besutan Asus, Xiaomi hingga Nokia. 

Sedangkan untuk jajaran iPhone 8, ponsel memiliki bodi bersalut kaca yang memungkinkan ponsel ini untuk diisi dayanya tanpa kabel (wireless charging).

iPhone 8 memiliki layar berukuran 4,7 inci, dan dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 12MP dan kamera depan dengan resolusi 7MP. Ponsel ini adalah versi besar dari iPhone 8, dengan layar berukuran 5,5 inci dengan kemampuan kamera yang lebih baik (cnn).

Tinggalkan Komentar