Ini Dia Manfaat Positif Menonton Film

Nonton film sering kali dijadikan salah satu sarana rekreasi dan hiburan semata. Lebih dari itu, menonton film ternyata juga punya banyak manfaat positif yang mungkin tidak disadari. 

Berikut beberapa manfaat positif film.

Belajar hal baru

Melalui sebuah film banyak hal-hal baru yang dapat dipelajari. Film dapat menambah pengetahuan tentang budaya, mempelajari sejarah suatu negara, mengenal tokoh-tokoh penting.

Ketika menonton film luar negeri Anda juga bisa sambil mempelajari bahasa asing.

Pengusir stres

Menonton film bisa digunakan sebagai sarana pengusir stres yang melanda karena pekerjaan sehari-hari. Entah itu menonton film bersama teman-teman di bioskop atau menonton film sendiri di rumah.

Apapun genre-nya dan selama bisa menikmatinya, film dapat menjadi pengusir stres dan menyegarkan pikiran.

Baik untuk kesehatan otak

Bagi yang gemar menonton film horor, ternyata genre film satu ini baik untuk kesehatan otak. Dilansir dari hellosehat.com menonton film memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat.

Nonton film menggunakan smartphone (Shutterstock)

Film horor juga dapat memicu pelepasan adrenalin yang punya efek mirip anestesi dari obat. Hal ini baik untuk kesehatan mental karena mampu menurunkan tingkat stres serta kecemasan.

Terapi film

Siapa sangka ternyata film bisa menjadi salah satu terapi bagi penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya. Gary Solomon, Ph.D, psikolog dari College of Southern Nevada mengungkapkan bahwa menonton film memiliki manfaat terapi (cinematherapy) bagi penontonnya.

Menurut Gary, saat menonton film sendiri di rumah, seseorang bisa menangis, berteriak, hingga merenung tanpa mengkhawatirkan opini dan penilaian orang lain.

Film juga memungkinkan penontonnya untuk tenggelam dalam cerita, menjadi satu dengan tokoh, hingga memperoleh pesan yang terselip dalam cerita. Hal ini bisa membantu proses terapi dan memperoleh inspirasi positif untuk perkembangan diri.

Kesadaran sosial

Banyak film yang menjadikan isu sosial sebagai ide ceritanya. Ada yang dikemas dengan cerita yang ringan, ada juga isu sosial yang dikemas dengan lebih berat dan serius dalam sebuah film. Misalnya, ‘The Pursuit of Happyness’ yang mengangkat tema perjuangan hidup atau film ‘The Day After Tomorrow’ yang bercerita tentang perubahan iklim.

Film-film bertema isu sosial tersebut penonton bisa menjadi lebih peka dan menyadari isu-isu sosial di sekitarnya. Film dapat membantu menyampaikan pesan penting kepada masyarakat dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

Saat ini, jika ingin menonton film tidak harus jauh-jauh mengunjungi bioskop. Sudah banyak website menonton film secara legal yang bisa diakses. Jadi, Anda bisa menikmati film favorit di rumah sambil bersantai.

Buat yang hobi menonton film di rumah, bisa menggunakan laptop atau smartphone. Kalau lebih memilih dengan menggunakan smartphone, layar besar serta kualitas gambar yang baik bisa menunjang aktivitas menonton film.

Jenis smartphone dengan spesifikasi itu salah satunya ada pada Realme 2 Pro. Smartphone teranyar dari Realme ini memiliki layar sebesar 6,3 inchi dengan poni berdesain dewdrop serta resolusi full HD+. Layar bezel-less semakin menambah kesan lega dan dapat memaksimalkan pengalaman menonton film.

Dengan spesifikasi seperti itu, dijamin pengalaman menonton film lewat smartphone tidak akan mengecewakan. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan menonton film sebagai salah satu hobi (kompas). 


 

Tinggalkan Komentar


Warning: Unknown: write failed: No space left on device (28) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct () in Unknown on line 0