Cara Mendapatkan Tiket Penerbangan Murah

Traveling sudah menjadi gaya hidup generasi milenial. Tak sekedar berlibur, namun juga untuk mencari ide-ide segar yang bisa diaplikasikan dalam pekerjaannya.

Kegemaran milenial traveling menjadi potensi pasar yang besar bagi perusahaan penerbangan. Demand penerbangan dari generasi yang berusia 18-36 tahun ini bahkan diakui cukup besar.

"Milenial merupakan salah satu kategori travelers di era kekinian yang cukup tinggi demand terhadap penerbangan," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala kepada Kompas.com, Jakarta, baru-baru ini.

Untuk menangkap potensi itu, maskapai berlomba-lomba memberikan promo tiket murah bahkan super murah, yang bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial terbang dengan biaya yang terjangkau.

Namun banyak dari para milenials treveler yang belum tahu cara-cara mendapatkan tiket murah penerbangan. Berikut tips-tips mendapatkan tiket murah penerbangan langsung dari maskapai:

 

Hindari Traveling saat Long Weekend 

Hindari memilih tanggal penerbangan di akhir pekan, long weekend atau hari libur nasional. Sebab menurut Head of Communication AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, biasanya harga tiket yang jual maskapai hari itu akan lebih mahal dibanding hari biasa.

Beli Jauh-jauh Hari

Pesan tiket penerbangan dari jauh hari untuk mendapatkan tiket murah. Karena semakin dekat hari keberangkatan, harga tiket akan makin mahal. Memanfaatkan Low Season Memanfaatkan periode penerbangan saat musim sepi (low season).

Biasanya maskapai akan menawarkan harga tiket yang super murah di tengah periode ini. Lion Air misalnya, baru-baru ini menawarkan tiket Jakarta-Singapura hanya Rp 100.000 saja. Tiket super murah itu dijual saat periode low season.

Buru Tiket untuk Rute yang Baru Dibuka

Terbang saat ada pembukaan rute baru karena ada umumnya tersedia harga-harga yang fantastis.

Manfaatkan Medsos

Pantau media sosial, website dan aplikasi maskapai dan agen trevel setiap Senin pagi. Sebab beberapa maskapai kerap memberikan informasi promo pada awal pekan. 

"Setiap minggu selalu ada promo baru dari AirAsia, jadi setiap Senin pagi merupakan salah satu waktu yang tepat untuk mengecek promo," kata Baskoro.

Ikuti Program Loyalti

Ikuti program rewards atau benefit maskapai dengan bergabung program membership, seperti Batik Frequent Flyer di Lion Grup atau BIG di AirAsia.

Dengan jadi members, traveler bisa dapat kesempatan khusus untuk mengakses promosi harga tiket yang paling murah dan lebih dahulu sebelum dibuka untuk publik.

Mencoba Destinasi yang Belum Populer

Cobalah memilih dan merencanakan eksplorasi rute ataupun destinasi lain yang belum popular. Danang mengatakan, biasanya maskapai menawarkan tiket murah untuk destinasi yang belum populer. "Millenials wajib mencoba destinasi-destinasi lainnya," kata dia (kompas).


Tinggalkan Komentar