Memahami 3 Kesalahan Umum saat Pakai Make Up

Produk kosmetik saat ini semakin dijadikan andalan untuk penunjang penampilan, terutama bagi kaum hawa. Tak sedikit yang kemudian rajin membeli kosmetik baru, meskipun koleksi yang dimiliki sebenarnya sudah lengkap.

Pencinta kosmetik pun tak selalu memiliki pemahaman yang cukup. Banyak yang pada akhirnya masih melakukan kesalahan dalam menggunakan perlengkapan rias tersebut.

Nah, apa saja kesalahan umum masyarakat ketika menggunakan kosmetik?

  1. Belum memahami skin tone

Beauty vlogger Fathi Nrm mengatakan, banyak para pencinta kosmetik masih belum memahami pentingnya memakai produk kosmetik yang sesuai dengan warna kulit (skin tone).

Akhirnya, hasil riasan wajah yang digunakan menjadi tak sama warna kulit. Misalnya, ketika warna wajah tak sama dengan leher.

"Misalnya salah pilih shade foundation yang cocok buat kulit kita dan mereka belum mengerti skin tone kayak begitu harus pakai shade foundation yang mana.

"Begitu kata Fathi ketika ditemui di Gandaria City Mall, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Menonton video di Youtube, menurut Fathi, akan banyak menolong untuk memahami warna kulit.

Atau, bisa juga menggali soal kosmetik dari beragam artikel untuk memperkaya informasi.

Selain itu, kita juga disarankan untuk menghindari pembelian online untuk produk-produk kosmetik yang memerlukan presisi pemilihan warna, seperti foundation atau bedak.

Sebab, seringkali warna dari katalog berbeda ketika diaplikasikan ke kulit.

"Jadi lebih baik beli langsung ke toko," tuturnya.

Khusus untuk foundation, Fathi memberi saran untuk kita agar memilih warna yang tepat. Caranya, colek sedikit foundation dan aplikasikan pada bagian leher.

Diamkan selama sekitar satu jam kemudian lihat apakah terjadi oksidasi atau tidak.

Foundation yang teroksidasi akan berubah warna menjadi lebih gelap dan membuat warna kulit menjadi belang jika tetap dikenakan.

Cara lainnya adalah mengambil foto kemudian mengkonversinya dengan filter hitam putih.

"Nanti akan kelihatan kalau foundation yang enggak sesuai sama warna kulit kamu akan kelihatan lebih putih warnanya. Kalau sesuai bakalan rata," ucap Fathi.

  1. Terlalu boros menggunakan produk

Tak sedikit pula yang terlalu banyak atau terlalu boros dalam menggunakan produk kosmetik sehingga berujung pada penumpukan produk.

Misalnya, pada bedak atau eyeliner. Tentu ini akan membuat kita terlihat kurang cantik.

Namun, hal ini bisa dihindari dengan semakin berpengalamannya kita dalam mengaplikasikan kosmetik.

"Gimana jam terbang. Kalau mau hasil yang maksimal, itu keluwesan tangan kita pegang brush, produk, di mana kita berhenti dan mulai mengaplikasikan itu, kita tahu di mana." Begitu kata perempuan yang pernah belajar make up dengan Make Up Artist Nanath Nadia dan Dini Nurdiani itu.

  1. Komposisi kurang tepat

Komposisi riasan wajah yang kurang seimbang juga dialami banyak orang. Hal ini biasanya baru terlihat setelah riasan selesai diaplikasikan.

Fathi menuturkan, harus ada keseimbangan dalam merias wajah.

Misalnya, jika ingin memberi kesan kuat pada bagian mata, maka buatlah kesan riasan wajah seringan mungkin pada bagian bibir.

Sebaliknya, jika ingin menekankan pada riasan bibir, seperti menggunakan lipstik warna menyala, maka buatlah riasan mata yang lebih ringan dan sederhana.

Namun, soal riasan wajah menurut dia kembali lagi pada selera masing-masing orang.

"Make up sebetulnya enggak ada salah dan benar, lebih ke preferensi. Jadi kalau kita suka sama make up ya lakuin aja as long as kita happy," kata Fathi (kompas).

Tinggalkan Komentar