Mengapa Smartphone China Lebih Baik dari Samsung dan Apple?

Vendor smartphone asal China kini makin mendunia. Tercatat rekam penjualan perangkat mereka kini sedang meningkat-meningkatnya. Di saat yang bersamaan, Apple dan Samsung sedang mengalami penurunan.

Huawei bahkan disebut akan segera memuncaki tahta jadi vendor smartphone terbesar dalam waktu dekat, dan angka tersebut tanpa adanya penjualan di AS karena ketakutan negeri Paman Sam soal mata-mata.

Nama-nama seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan OnePlus, kini sedang meroket. Perangkat besutan mereka pun kini tak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun memiliki beberapa kekurangan tertentu, harga yang mungkin hanya setengah dari smartphone flagship Samsung dan iPhone, tentu adalah nilai jual luar biasa.

Berikut deretan alasan lain mengapa smartphone China lebih baik dari Samsung dan Apple, seperti yang dilansir dari Phone Arena.

1. Fast Charger

Samsung mungkin memiliki teknologi fast charging di smartphonenya, dan membekali pengguna dengan fast charger juga. Namun Apple tidak.

Apple merupakan salah satu smartphone dengan harga termahal, namun fast charger hanya merupakan aksesoris yang kita diharuskan membeli.

Di sisi lain, ponsel besutan China jika memiliki teknologi fast charging, pasti menyertakan fast charger. Huawei Mate 20 Pro adalah salah satunya, dan smartphone tersebut tercatat sebagai pemilik fast charging tercepat. Tak cuma Huawei, OnePlus 6T, Xiaomi Mi Mix 3, dan banyak smartphone lain membekali pengguna dengan fast charger.

2. Casing dan Screen Protector Jadi Bonus

Jika kita membeli smartphone China, hampir pasti kita akan mendapatkan casing. Bahkan sebagian besar layarnya telah terproteksi dengan screen protector. Semua smartphone Xiaomi hingga yang termurah pun memberi casing, begitu pun dengan beberapa vendor lain.

Sementara Apple, mereka tak menyertakan casing di dalam kotak. Alih-alih, menjualnya dengan harga ratusan ribu secara resmi.

3. Charger Nirkabel

Hanya ada beberapa smartphone besutan China yang menawarkan kemampuan pengisian daya nirkabel, seperti Huawei Mate 20 dan 20 Pro, serta Xiaomi Mi Mix 3. Namun keduanya memberikan gratis charger nirkabel langsung dalam kotak.

Sementara Apple dan Samsung tidak, dan menjadikannya akesoris yang dijual terpisah. Harganya, ratusan ribu. Cukup mahal untuk sesuatu yang bisa didapatkan gratis di smartphone China.

4. Daya Tahan Baterai Luar Biasa

Soal daya tahan baterai mungkin agak objektif, namun Smartphone China adalah gadget yang harus Anda cari ketika mencari daya tahan baterai. Pasalnya, mereka berani meletakkan kapasitas baterai besar di perangkatnya. Untuk saat ini, baterai terbaik dipegang oleh duo Huawei Mate 20 dan 20 Pro.

Seri Xiaomi Mi Max juga bisa jadi pilihan flagship dengan daya tahan baterai luar biasa. Belum lagi masih banyak lini papan tengah yang mengutamakan performa dipadu dengan kapasitas baterai besar. Dengan ini tentu baterai tahan lama bisa dengan mudah didapat.
Meski demikian, iPhone XR kini jadi salah satu gadget dengan baterai teririt, serta Samsung dengan Note 9-nya tak akan cepat menghabiskan baterai dengan kapasitas baterai 4.000mAh yang diusungnya.

5. Harga

Akhirnya, ini adalah nilai jual terbaik dari smartphone China: Harga. Berbagai hal seperti pemasaran yang tidak terlalu masif dan tidak dijualnya smartphone di toko fisik membuat smartphone China akan lebih murah.

Tak bisa dimungkiri juga, akhirnya banyak yang berpaling untuk menggunakan smartphone China karena harganya masih diimbangi dengan kualitas. Terutama kini garansi resmi sudah bisa didapat bersamaan dengan service center yang berada di mana-mana (mrdk).

Tinggalkan Komentar