4 Merek Jepang Kompak Rancang Standar Motor Listrik

Empat produsen sepeda motor terbesar di Jepang, Honda, Yamaha,Suzuki, dan Kawasaki dilaporkan sudah berjabat tangan untuk berkolaborasi menentukan standar motor listrik. Standar yang akan ditentukan terkait baterai, stasiun pengisian baterai, dan fasilitas lainnya. 

The Japan News mengabarkan keempat produsen tersebut akan membentuk semacam konsorsium yang membahas detail soal kesatuan standar. Tujuan kerja sama ini agar masing-masing produsen tidak menghasilkan standar berbeda demi pemakaian luas motor listrik di seluruh dunia.

Strategi keempat produsen itu masuk akal untuk dilakukan, pasalnya bila masing-masing punya standar yang berbeda maka membutuhkan lebih banyak infrastruktur dan pada akhirnya tidak bagus untuk kepentingan lingkungan bisnis.

Produsen motor dari Jepang bukan satu-satunya yang sedang mengembangkan motor listrik. Produsen dari India, Hero MotoCorp, dan Harley-Davidson dari Amerika Serikat juga terpantau punya ambisi yang sama.

Honda diketahui sudah memiliki konsep motor listrik yang dipercaya bakal menjadi barang produksi, yakni PCX Electric. Indonesia, negara yang sudah melahirkan PCX Hybrid, ditunjuk untuk memproduksinya.

Selain PCX Electric, Honda juga diketahui telah memamerkan konsep motor trail CR Electric. Belum disebutkan resmi bakal beralih ke model produksi, namun kehadiran unit konsep itu memastikan Honda sudah berpikir lebih jauh soal teknologi listrik.

Yamaha juga memiliki konsep motor listrik, salah satunya, e-Vino, pernah diperkenalkan di Indonesia. Yamaha Indonesia sudah menyampaikan sedang mengkaji kemungkinan memproduksinya di dalam negeri.

Sementara itu, Suzuki dan Kawasaki sejauh ini belum terasa fokus mengembangkan motor listrik (cn).

Tinggalkan Komentar