Jago Main Stand Up Paddle Seperti Susi Pudjiastuti, Ada 4 Tipsnya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mahir bermain stand up paddle. Dalam beberapa kesempatan, Susi Pudjiastuti tampak santai mengayuh paddle board di permukaan air dan menikmati suasana.

Ketika berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa 2 April 2019, Susi Pudjiastuti bermain paddle board di Pantai Bangsring. Begitu pula ketika datang ke Pantai Mutiara, Trenggalek, Jawa Timur, pada 4 Februari 2019 dan yang menarik perhatian ketika dia adu cepat dengan Sandiaga Uno di Festival Danau Sunter, 25 Februari 2018.

Pendiri komunitas Stand Up Paddle Indonesia, Heriyanto memprediksi olahraga stand up paddle akan semakin populer di Indonesia. Olahraga permukaan laut ini dianggap sebagai salah satu cara rekreasi wisata air yang seru, menantang, dan cara bermainnya lebih mudah.

"Dari stand up paddle, pemain juga bisa menikmati pemandangan laut sambil berdiri mendayung di atas papan," kata Heriyanto kepada Tempo di Kepulauan Seribu, Minggu, 14 April 2019. Bagi kamu yang baru belajar main stand up paddle, coba ikuti tips berikut ini.

  1. Jangan bermain sendiri
    Bagi pemula yang akan bermain stand up paddle dan mereka yang main stand up paddle dengan jarak yang jauh, sebaiknya melakukan kegiatan ini bersama-sama. "Minimal bertiga," kata dia. Bermain bersama ini dilakukan terutama bila menggunakan papan jenis inflatable atau yang dipompa. "Kalau bocor, ada teman yang akan membantu."
  2. Keseimbangan
    Untuk memaksimalkan kenyamanan saat menjelajahi permukaan laut perlu ditunjang dengan keseimbangan tubuh di atas papan. "Ditambah lagi dengan gerakan mendayung, biar pun mudah perlu latihan menjaga keseimbangan secara bertahap," tutur Heriyanto. Jika merasa mampu menjaga keseimbangan, maka bisa bermain stand up paddle dengan menempuh jarak jauh.
  3. Pakaian
    Meski terkesan olahraga yang sederhana, perhatikan pakaian yang dikenakan, di antaranya topi dan sepatu jenis non-slip shoes. Heriyanto mengatakan topi berfungsi menangkal sengatan sinar matahari. Adapun sepatu, selain kenyamanan berpijak di papan, juga berguna untuk keamanan.  "Kalau jatuh atau tercebur di laut dan kita tidak tahu di bawah ada karang, jadi lebih aman pakai sepatu," katanya. Bila ingin stand up paddle tur menempuh jarak tempuh, maka wajib menggunakan pelampung.
  1. Fokus mengikuti rute
    Bila bermain stand up paddle dengan jarak tempuh hitungan kilometer, maka perlu mengikuti arah navigasi yang sudah ditentukan. "Kalau sudah memetakan rute, harus taat dengan jalur yang akan dipakai," katanya. Ini penting agar rute yang akan dilalui tidak terasa melebar atau semakin jauh dari tujuan (Tm).

Tinggalkan Komentar