Pertemuan JK-Ormas Islam : Merespons Situasi Panas Pasca Pilpres 2019

Wakil Presiden Jusuf Kalla berkumpul bersama para tokoh ormas Islam di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (22/4/2019) malam.

Sebelumnya, salah satu tokoh yang diundang, yaitu Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengungkap bahwa pertemuan ini diselenggarakan untuk merespons keadaan pascapemilu terutama Pilpres.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menyebut ada beberapa masalah yang akan diurai, diantaranya membantu merukunkan kembali lapisan masyarakat bawah, masih maraknya saling serang wacana di tataran elit politik, serta mencegah wacana penyelesaian sengketa Pemilu secara inkonstitusional.

"Kita akan mencoba untuk membantu dan merekomendasikan beberapa usulan. Intinya adalah segera untuk mencegah terjadinya proses yang makin tegang ini harus kita cegah dan segera kita turunkan tensinya supaya semuanya nanti harus diarahkan pada proses mekanisme kelembagaan yang sudah tersedia," ungkap Jimly.

"Intinya adalah kita punya rasa peduli yang sama, jangan membiarkan ini makin tegang. Apalagi, capres yang 01 dan 02 udah saling klaim, paling tidak selain capresnya, timsesnya juga makin saling mengklaim-klaim. Mungkin, ini dipicu juga oleh quick count. Nah, tapi itu metodologi ilmiah, jangan juga kita antiilmiah," tambahnya.

Menurut pemantauan Bisnis, beberapa tokoh petinggi ormas yang hadir, yakni Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nasir, Wakil Ketua Umum PP Persis Jeje Zainuddin, Ketua Umum PB Al Washliyah Yusnar Yusuf, Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, serta Ketua Umum Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva.

Selain itu, hadir pula tokoh cendekiawan muslim Din Syamsuddin, akademisi Komaruddin Hidayat, serta anggota Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD yang menyebut bahwa pertemuan tersebut dihadiri perwakilan 19 ormas Islam, lewat akun Twitter resminya @mohmahfudmd.

"Bertemu junior sesama mantan Ketua MK Hamdan Zoelva saat makan malam bersama Pimpinan Ormas Islam di kediaman Wapres Jusuf Kalla, malam ini Senin, 22/4/19. Ada 19 pimpinan ormas Islam hadir mendiskusikan situasi sosial politik pasca pemilu 17 April 2019," tulis Mahfud.

 

Tinggalkan Komentar